Home » » Definisi Drupal

Definisi Drupal

Posted by KEPOIN IT on Sunday, November 27, 2011

Apa itu Drupal ?

Menurut id.wikipedia, Drupal disebutkan sebagai CMS(Content Management System), namun bagi Anda yang telah menjadi master Drupal, Anda pasti setuju dengan saya apabila Drupal lebih dari sekadar CMS. Bagi saya, Drupal sebenarnya adalah suatu CMF (Content Management Framework) namun sudah berbasis user-friendly interface (mungkin dapat dikatakan semi CMS) dibandingkan dengan beberapa PHP framework yang saya pelajari.

Drupal adalah sebuah perangkat lunak yang open source yang di distribusikan di bawah lisensi GPL, Pengembangan dan perawatannya dilakukan oleh ribuan komunitas pengguna dan pengembang di seluruh dunia. Drupal dapat diunduh secara bebas dan dapat digunakan secara bebas juga, sehingga memungkinkan setiap orang baik secara individu maupun komunitas untuk mempublikasi, mengatur dan mengorganisir berbagai jenis dari isi/konten pada website.

Drupal dapat digunakan untuk membangun:

* Portal Web Komunitas
* Situs Diskusi
* Website Perusahaan
* Aplikasi Internal
* Website Personal atau Blog
* Aplikasi Komersial E-Commerce
* Kumpulan Sumber Informasi
* Situs Jaringan Sosial
* Website Multi Bahasa
* Dan lain-lain

Drupal dapat langsung digunakan setelah anda mendownload dan menginstallnya secara mudah. Dengan berbagai fungsionalitas yang sudah dibangun, dikombinasikan dengan ribuan paket modul drupal dan tema tampilan bebas yang tersedia, akan mengaktifkan berbagai fitur seperti :

* Sistem Manajemen Konten (Content Management Systems) (CMS)
* Blog
* Forum
* Jaringan Peer-to peer (Peer-to-peer networking)
* Surat Kabar (Newsletters)
* Multimedia
* Galeri Foto / Gambar (Picture galleries)
* Pengunggahan dan Pengunduhan File (File uploads and downloads)
* Dan lebih banyak lagi.

Ditulis dengan bahasa PHP. Drupal jalan di atas berbagai sistem operasi Microsoft Windows, Mac OS X, Linux, FreeBSD dan lain-lain yang mendukung server web Apache atau IIS dan membutuhkan program database seperti MySQL dan PostgreSQL untuk menyimpan semua datanya.


Thanks for reading & sharing KEPOIN IT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Cari Artikel

Paling Dilihat